• Breaking News

    Lazada Indonesia

    TV LG FLATRON 21 IN LAYAR SETENGAH

     Assalammu alaikum
    Sore Ini Ane dapat servisan TV LG 21 in Flatron Dengan seri  21FC1AG Dengan Kerusakan Layar hanya setengah seperti gambar berikut







    Seperti biasa saya bongkar tutup belakang dan bersihkan dari semua debu supaya lebih gampang ngeanalisanya,sesudah bersih lalu saya solder ulang komponen di area vertikal sekiranya pada retak-retak,setelah di solder ulang saya coba tes lagini tv barangkali hanya kendor pada solderannya,tanpa pikir panjang sayapun nyalakan tv tersebut dan hasilnya sangat mengecewakan keadaan tv tidak ada perubahan sama sekali,saya matikan lagi tv tersebut dan cabut kabel acnya pemburuanpun langsung di mulai,pertam saya cek C221 25vol 1000 uf hasilnya normal berlanjut C307 35vol 100uf ohhh sedikit melembung sayapun langsung ganti dengan yang baru,berlannjut C308 16vol. 47 uF. C312 50Vol. 0.68uF,Dan sayapun langsung tes lagi tu tv trek..tv nyala waduh...sami mawon tidak ada perubahan,Pemburuanpun berlanjut Pada R313 20k ohm,saya tes ternyata masih normal,belnjut kecurigaan saya kepada D302 saya cek ternyata normal saya lanjutkan Cek D301 Waduh Normal juga,Mulaini Pala pening,,saya istirahat dulu ah... karena bentar lagi adzan Magrib dan saya pikir abis isa saya lanjutkan,,sehabis isa perburuanpun saya lanjutkan mencari penyebab tv tersebut,dan saya siapkan multi tester dan saya coba ukur PIN In Out IC Vertikal LA78040B dimana tv ini memakai ic tersebut,dan saya ukur satu persatu tegangan padakaki ic tersebut dan ternyata normal semua dari pin satu sampai pin 7 berikut contoh pin out ic LA78040B:
    PIN 1: in 2.5/4 vol
    PIN 2: vcc1 24.vol
    PIN 3: pumpout 2.2.vol
    PIN 4: Ground
    PIN 5: OutPut 12.vol
    PIN 6: vcc2 24.vol
    PIN 7: Non Input 2.5/4.vol

    Dari hasil pengukuran tersebut menunjukan semeua tegangan in out normal,udadah saya langsung memponis si biangkeroknya adalah DY (defleksi Yok) tanpa pikir panjang saya langsung menuju DY lihat gambar:











    Perhatikan bagian vertikal ada empat tiang apa empat kaki ya,pokonya gitudah kabel warna oranye bagian kiri kabel warna kuning bagian kanan, saya coba pindahkan kabel berwarna oranye ke kaki no 2 dari kiri lihat gambar berikut:











    Perhatikan baik-baik jangan sampai salah pasang,dan sayapun lang colakan kabel ac dengan penuh semangat dan keyakinan saya tes tv tersebut dan trak...gambarpun langsung normal,Alhamdulillah Ya Rob...
    dan saya coba kurang lebih 30 menit tidak ada masalah lagi. eat..tunggu dulu ada lagi ni...sebelum saya tutup tv tersebut muncul penasaran pada pikiran saya pengen coba lagi mengembalikan kabel warna oranye seperti semula











     tanpa pikir saya langsung pasang dan saya tes lagi tv tersebut dan trak...tv nyala normal sayapun bingung sekarang ko jadi normal...Alhamdulillah ya..Rob..Saya tes nonton bola sampe habis dan tv tersebut Normal

    Sekian  dari saya semoga dapat bermanfaat, dan ini semua berdasarkan pengalaman bukan bermaksud untuk mengajari temen-temen se propesi,dan saya harap kita saling berbagi dan sayapun masih tahap belajar.

    Terimakasih,

    Wassalam

    Wahid N


    1 komentar:

    Unknown mengatakan...

    Tapi sudah di ganti semua alat tapi layarnya tetap setengah

    Fashion

    Beauty

    Travel