• Breaking News

    Lazada Indonesia

    TV Polytron 21 in PN 20125 lampu kedip kedip

    Assalammualaikum...

    Langsung aja ya...hari ini dapat lagi servisan tv polytron 21 in dengan PN 20125 Kerusakan tidak mau star disertai lampu indikator kedap kedip,seperti bisa dibersihkan terlebih dahulu supaya bersih dari debu yang menempel pada tv tersebut,lalu saya lakukan solder ulang pada komponen yang keliahatan pada retak-retak, setelah selesai penyolderan pada bagian yang kelihatan retak tvpun saya tes ulang dan ternyata tidak mau star dan lampu indikator kedap kedip,

    pengecekanpun saya teruskan ke bagin out legulator tertuju pada C 63vol. 100uF dimana secara pengalaman saya yang membuat stanby tv polytron C tersebut mengalami kerusakan biasanya kering atau melembung, kemudian saya ganti tapi hasinya tidak ada perubahan,oh iya berdasarkan pengalaman kalau C tersebut sering jebol coba ganti dengan ukuran 100vol.100uF insya allah awet,,kita lanjut kepermasalahan yang sedang dibahas:

    Setelah penggantian C 63 Vol. 100uF tidak membuahkan hasil saya langsung tertuju pada bagian osilator, dan saya cek semua kompnen dibagian tersebut karena saya yakin bagian osilatorlah yang masalah,

    dan ternyata setelah sayah ukur pada tegangan untuk suply osilator hasilnya drop,karena normalnya harus ada tegangan sekitar 14vol. dan saya terus telusuri ternyata tertuju pada C yang nilanya 25vol. 1000uF karena C tersebut yang mengsuply tegangan untuk 14vol bagian osilator,
    kalau dilihat dari pisik terlihat mulus tapi pas ada arus tegangan langsung drop,

    tanpa pikir panjang  langsung ganti C t25vol 100uF,
    dan langsung saya coba tes tv tersebut oh...
    Lampu stanbaypun Sudah normal tidak kedap kedip lagi,

    dan saya coba pencet tombol chenel dan crek tvpun mau hidup tidak stanby lagi, Alhamdulillah Ya..Rob...sudah memberikan petunjuk,,,

    saya lang tancapkan antenanya dan gambarpun keluar,,eh,,,,pas diperhatikan ko gambarnya dominan merahya,,walah...saya pikir pasti ni bagian RGB pada retak solderannya,,dan benar ternyata solderan TR RGB pada retak dan resistor di area tersebut pada retak solderannya,dan saya tes lagi alhamdulillah Gambar normal lagi.

    kesimpulan:yang membuat tv tersebut lampu stanbynya kedap kedip adalah ngedropnya tegangan 14VOL pada bagian osilator yang di ambil dari C yang nilainya 25vol.1000uF, Dan yang membuat warna dominan merah adalah retaknya solderan pada bagian RGB.

    Sekian pengalaman saya tentang service tv  Polytron 21 in PN 20125 lampu kedap kedip, dan tidak mau star,semoga bisa ber manfaat,ingat saya bukan bermaksud untuk mengajarkan hanya sekedar berbagi pengalaman.


    Terimakasih,
    Wassalam..


    Wahid N




















    3 komentar:

    Shikamaru Nara mengatakan...

    oke banget min
    Alat pemisah lcd

    Unknown mengatakan...

    Kl St by tidak mau start tv digitek 21 inch apa c 1uf 50v yg bermasalah guru tetapi jika tombol power di tekan ber ulang kali baru mau start tvnya

    Anonim mengatakan...

    lampu induktor kedip cepat tv di nyalakan terdengar bunyi cuit di regulator

    Fashion

    Beauty

    Travel