• Breaking News

    Lazada Indonesia

    Service tv polytron 29 in tidak mau start

    Assalamualaikum...

    Seminggu yang lalu saya dapet servisan tv polytron 29 in dengan kerusakn stanby tidak mau star(protex) dan saya coba nyalain ternyata benar tidak mau star pake remot maupun secara manual,
    terus yang punya tanya sama saya "kira kira apanya ya bang" saya cawab kita bongkar aja du lalu kita cek komponennya baru tu ketauan,
    tanpa pikir panjang sayapun langsung bongkar tv tersebut lalu membersihkannya dari debu yang menempel di mesin tv tersebut dan sambil saya perhatikan komponen-komponen yang mencurigakan,kemudian seperti biasa melakukan penyolderan ulang pada komponen yang kelihatan banyak yang retak-retak,setelah itu saya langsung tes lagi tv tersebut tapi sama saja masih diposisi stanby tidak mau star,wah.. saya pikir inimah biasa ni penyakitnya polytron,
    tanpa pikir panjang saya langsung mencari C Elco 63 vol. 100uF out legulator dimana biasanya itu yang membuat tv polytron stanby tidak mau star,saya langsung menggantinya dengan C elco 100vol. 100uF dan langsung menetesnya dan benar sekali...tv mau star..wah..yang punya langsung girang ketawa..."itu doang ya mas"saya jawab belum..coba bpk perhatikan gambar kurang kebuka sempurna atas bawah dan bagian atas ada garis-garis horizontal "oh iya ya"
    saya berlanjut mengecek bagian vertikal untuk mencari komponen yang mualai lemah karena kalau dilihat dari kasat mata semuanya tidak ada yang mencurigakan,dan saya langsung mengganti c dibagian vertikal diantaranya milar C104 elco 50 vol. 100uf elco 35vol. 100uf milar 271 1A elco 160 vol.10uf,dan saya langsung tes lagi tu tv dan hasilnya sama saja masih ada garis horizontal bagian atas dan layar kurang naik dan turun kurang lebih satu cm,waduh pening ni kepala....
    pak saya ngopi dulu ya..."iya mas silahkan santai aja"
    dan saya istirahat sejenak,sambil ngeroko dan ditemani secangkir kopi tvpun saya nyalain dan saya colakan antena sambil mengamati tv tersebut "gambarnyamah bagus ya mas cuma ada garis-garis sama kurang naik turun layarnya"iya ni pak jawab saya,ok pak saya matiin dulu ya tvnya,
    sayapunlanjutkan pencarian komponen yang menyebabkan cacat verikal tv ini, dan coba pegang headsing ic vertikal masa allah...panas banget,,,,dan langsung tanpa pikir panjang saya angkat ic vertikal tersebut dengan seri STVS379

    waduh g bawa setok lagi ni...ic vertikal seri ini,
    lalu saya cari di tas alhamdulillah ada satu ni LA7804 dan langsung saya pasang sambil bilang pada yang punya bahwa seri ic vertikal berbeda sama yang saya pasang tapi insya allah bisa pak, "g apa mas yang penting normal"
    ok de... langsung saya coba tu tv krek,,dan alhamdulillah normal yang bergaris horizontal bagian atas hilang dan layarpun penuh atas bawah,makasih ya allah...








    itu yang saya ganti

    Kesimpulan, yang menyebabkan tv tersebut stanby tidak mau star adalah elco 63vol. 100uf drop,dan saya ganti dengan 63vol. 220uf akan lebih baik bila diganti dengan 100vol.100uf
    dan yang menyebabkan ada garis-garis horizontal di bagian atas adalah soaknya ic vertikal STV9379 dan saya ganti dengan LA7804,
    perlu diperhatikan kasus yang seperti saya alami ini jarang terjadi kerusakan langsung pada ic vertikal melainkan komponen pendukung ic tersebut,jadi sebelum memponis ic vertikal rusak alangkah lebih baik cek terlebih dahulu komponen di sekitar area ic vertikal tersebut.

    sekian pengalaman saya  service tv polytron 29 in tidak mau star hanya stanby ,semoga bisa ber manfaat,ingat saya bukan bermaksud untuk mengajarkan hanya sekedar berbagi pengalaman.


    Terimakasih,
    Wassalam..


    Wahid N




    Tidak ada komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel